Chatting dengan Bule Jadi Gampang dengan Aplikasi Google Translate Terbaru

MetroTopNews - Kecanggihan teknologi saat ini sangat memberi banyak kemudahan kepada kehidupan manusia khususnya dalam hal komunikasi. Berkat teknologi sekarang ini muncul banyak aplikasi yang dapat mengirim dan terima pesan dari orang yang bahkan jaraknya jauh ribuan kilometer dan dilakukan dalam segenggam smartphone selama dapat terhubung oleh sinyal internet. Sebut saja aplikasi seperti Blackberry Messenger, Whatsapp, Line, dan masih banyak lagi yang kita install di smartphone kita.

Namun ada beberapa kendala yang mungkin bagi sebagian orang Indonesia sangat krusial apabila berkomunikasi dengan orang luar negeri. Ya, apabila chatting dengan orang Amerika atau Inggris sementara kemampuan bahasa Inggris kita pas-pasan, tentunya malah membuat komunikasi terkendala.



Beruntunglah sekarang ini Google meng-update layanan aplikasi Google Translate semakin lebih mudah digunakan. Dengan fitur baru Tap-to-Translate pengguna smartphone dapat menterjemahkan kata asing tanpa perlu membuka aplikasi tersebut. Dengan kata lain update terbaru Google Translate ini. Pengguna dapat menterjemahkan e-mail, chatting, dan dokumen dengan lebih praktis dan tidak perlu bolak-balik membuka dan menutup aplikasi hanya untuk membalas sebuah pesan. Ikon Google Translate akan muncul di aplikasi tersebut untuk menawarkan bantuan penerjemah dan pengguna hanya perlu menekan ikon itu dan memilih bahasa yang ingin diterjemahkan.

Selama ini, bila menerima pesan dengan bahasa asing di aplikasi chat atau email, pengguna harus melakukan beberapa tahapan untuk memahami arti pesan dan membalasnya. Pertama kali pengguna harus meng-copy pesan dan membuka aplikasi Google Translate untuk menterjemahkan pesan tersebut. Setelah itu, pengguna mengetik pesan balasan pada Google Translate untuk menerjemahkannya ke bahasa asing yang dimengerti lawan bicara. Terakhir, pengguna kembali ke aplikasi chat untuk menyalin pesan balasan. Setidaknya ada enam tahapan yang dilakukan pengguna hanya untuk membalas satu pesan saja. Sungguh hal tersebut merupakan suatu pekerjaan yang buang waktu dan energi.

Baca juga : Restoran ini menawarkan sensasi makan malam tanpa busana!

Sekitar 500 juta netizen di seluruh dunia aktif menggunakan Google Translate untuk menterjemahkan berbagai bahasa dan Indonesia termasuk dalam 20 besar negara yang berkontribusi paling banyak dari jumlah tersebut. Tidak heran bila fitur Tap-to-translate terinspirasi oleh kehidupan masyarakat Indonesia yang suka copy paste hehe..

Untuk sementara update terbaru Google Translate ini sudah bisa didapatkan di Playstore untuk pengguna Android dan untuk pengguna iOS masih harus bersabar untuk menunggu giliran.


No comments:

Write a Comment


Top